Sabtu, 27 April 2013

AI-KI-DO

Aikido Berasal dari Kata:
Ai :berarti harmoni atau selaras
Ki : berarti tenaga atau jiwa / roh kehidupan
Do : berarti jalan atau metode


Aikido dapat kita terjemahkan sebagai “Cara mengharmonisasikan tenaga atau jiwa”. Aikido merupakan cara kita mengintegrasikan nafas, pikiran dan jiwa, dengan mempersatukan koordinasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa utuk melahirkan sebuah kesimbangan yang harmonis.
Aikido adalah seni beladiri dari Jepang yang intinya meminjam dan menyalurkan tenaga lawan, untuk kemudian mengalirkannya. Akibatnya, serangan yang datang dapat dinetralisasi dengan bantingan atau teknik kuncian.Bela diri ini mengutamakan Keindahan gerak dan Melumpuhkan lawannya dengan cara memanfaatkan tenaga lawan.Gerakan Aikido sungguh indah, rasional dan halus sebagaimana pergerakan alam ini diciptakan.Gerakan aikido selalu mempertahankan kekokohan dan kestabilan centrumnya, tetapi mengalir fleksibel dengan memanfaatkan gaya centrifugal dan centripetal dari gerakan melingkar. Gerak memutar, menyusup dan berbalik merupakan ciri khas aikido dalam mengendalikan lawan. Prinsip gerakan tadi merupakan cara kita untuk mengatasi lawan yang lebih besar dan kuat.

Aikido mendasarkan latihannya lebih pada penguasaan diri dan kesempurnaan teknik. Teknik-teknik yang digunakan dalam Aikido kebanyakan berupa teknik elakan, lemparan, bantingan, dan kuncian. Sementara teknik-teknik pukulan ataupun tendangan biasanya jarang digunakan. Falsafah-falsafah yang mendasari Aikido, yakni kasih dan konsep mengenai ki inilah yang membuat Aikido menjadi suatu seni beladiri yang unik.

Teknik aikido disesuaikan dengan anatomi tubuh manusia, sebuah hal yang membuat gerakan aikido kelihatan praktis dan sederhana. Gerakan aikido tak terputus, mengalir seperti air. maka terlihat lebih mengedepankan sebagai suatu gerakan Seni 

Kelembutan teknik aikido dan tujuan untuk harmonisasi tubuh bukan berarti aikido tak kenal senjata. Dalam keadaan tertentu, untuk mempertahankan diri bisa juga digunakan senjata. Senjata utama yang biasa digunakan dalam aikido adalah tongkat kayu (jo), pedang kayu (boken), dan pisau (tanto). Meski menggunakan senjata, tetap dengan kelembutan. Penerapan teknik senjata pada aikido pun tak dibatasi.

Keunikan dalam cabang beladiri ini adalah tidak mengenal sistem pertandingan. Namun sering diadakan seminar AIKIDO dan pertunjukan kemampuan seni beladiri aikido (EMBUKAI)


1 komentar: