Sabtu, 27 April 2013

Dalam setiap akan memulai latihan aikido kita tentunya melakukan pemanasan terlebih dahulu, dengan melakukan taiso (senam) tentunya didahului dengan berdoa. Dalam serangkaian melakukan pemanasan ini ada manfaat-manfaat yang yang tidak kita sadari, selain untuk meregangkan dan melemaskan otot dan sendi kita supaya tidak cedera.
Adapun setiap memulai, kita tidak hanya sekedar berdoa, namun kita diharapkan untuk mempersiapkan napas kita untuk latihan nanti, dan secara tidak sadar disinalah kita telah melatih ‘KI” dalam diri kita. Ki atau tenaga dalam yg merupakan Pusat energi yang terdapat dalam raga kita yang dimiliki oleh setiap manusia. Umumnya terpusat di sekitar 5 cm dibawah pusar manusia, disitulah letak “Hara” (center/pusat) (yang lazimnya disebut kundalini) yang merupakan tempat “Ki” (energi murni) mengalir melalui “Kokyu”(Kekuatan Nafas). Sedangkan “Ki” yang ada dari luar diri lebih bersifat universal yang berasal dari alam semesta yang sifatnya selalu berusaha mencapai keseimbangan yang harmonis/stabil., KI tidak muncul begitu saja
namun ki muncul dengan melatih gabungan pikiran, hati, dan semangat. Dua hal yang harus diperhatikan dalam berlatih Ki yaitu RELAKSASI dan PERNAFASAN. Agar bisa 'mendapatkan' Ki, kita harus berlatih relaks dalam melakukan suatu tehnik. Pada saat yang bersamaan, pernafasan harus dilakukan secara alamiah.
'Ki' adalah sesuatau yang abstrak namun bisa kita rasakan, KI akan muncul dengan sendirinya ketika kita telah memahami lebih dari sekedar pengembangan koordinasi antara pemikiran dan gerakan dan KI..
Banyak dari ajaran ini didasarkan pada empat prinsip dasar untuk menyatukan pikiran dan tubuh dan lima prinsip dasar aikido, yaitu:
Empat prinsip utama untuk menyatukan pikiran dan tubuh

1. Fokuskan di satu titik.
Ini adalah cara alami melatih keseimbangan fisik, mental dan spiritual. Dengan berkonsentrasi pada Satu Titik dan menjaga postur tubuh yang benar kita dapat mengkoordinasikan pikiran dan tubuh.
2. Rileks sepenuhnya.
Ketika aktif menenangkan pikiran, tubuh secara alami melepaskan semua stres dan ketegangan. Dalam menjaga satu titik, pikiran dan tubuh rileks sepenuhnya . Rileks hanya bisa dilakukan setelah kita berlatih secara teratur dengan pola yang benar.
3.Menjaga berat badan ke bawah
Secara alami semua benda mempunyai berat kebawah. Ketika kita rileks sepenuhnya, berat badan kita juga secara alami mengendap bawah. Kami menyebutnya ketenangan itu-hidup.
4.Perpanjang Ki.
Perpanjang Ki adalah untuk memanfaatkan kekuatan hidup kita sepenuhnya. Dengan memfokuskan pikiran dan tubuh, kita dapat memiliki kehidupan yang sehat dan kuat.


Lima Prinsip Ki Aikido

1.Ekstensifikasi Ki.
Dengan memfokuskan pikiran dan tubuh, ki dalam tubuh kita senantiasa melindungi kita dalam kehidupan yang sehat dan kuat dalam kehidupan sehari-hari.
2.Mengetahui pikiran pasangan Anda.
Dengan melatih ki kita akan lebih peka dengan pikiran orang lain, akan lebih mengerti dan merasakan gerakan apa yang diinginkan lawan (uke) kita, atau sebaliknya.
3.Hormati Ki pasangan anda.
Dengan kita fokus dan rileks, kita senantiasa akan mengikuti ki gerakan lawan kita dengan sendirinya, apabila kita melawan gerakan ki lawan biasanya kita malah yang menjadi cedera,
4.Tempatkan diri di tempat pasangan Anda.
Kita harus paham apa yang kita lakukan, apakah sebagai uke atau nage yang baik, dalam arti ketika kita jadi uke jadilah uke yang baik, begitu sebaliknya. Sehingga harmoni itu senantiasa dapat tercipta.
5.Lakukan dengan keyakinan.
Setiap gerakan yang kita lakukan harus fokus dan tetap penuh keyakinan pada gerakan yang benar dalam setiap teknik, karena bila kita tidak yakin akan gerakan tersebut kita tidak akan memenuhi eksistensi dalam bermain ki itu sendiri.


Salah seorang Sensei asal Jepang, mengatakan bahwa kita tidak perlu terjebak dalam apa makna ki itu, yang terlebih penting adalah bagaimana kita bisa ‘merasakannya’. Dalam konteks latihan Aikido, diharapkan kita dapat memanifestasikannya dalam setiap latihan. Lanjut beliau katakan bahwa jika Anda melatih postur (tubuh) yang benar dalam setiap teknik, “ki” itu akan muncul dengan sendirinya. Jadi makna terpenting dari ‘ki’ itu lebih kepada konsistensi dan kualitas latihan (keiko) yang senantiasa kita laksanakan.
Namun harus kita pahami bahwa Ki adalah bukan kekuatan supranatural. Ki adalah kekuatan tak terbatas. Dengan menerapkan Ki untuk kehidupan sehari-hari Anda, hidup Anda akan menjadi jauh lebih bermakna.

2 komentar:

  1. Apakah Ki ini masih ada hubungan dengan the Law of Attraction seperti yang dijelaskan pada buku the Secret? Jadi semakin kuat energi yang kita pancarkan akan semakin kuat pula menarik energi sejenis seperti magnet.
    Mohon penjelasannya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. min, jika orang itu hanya berlatih solo/sendiri. apakah orang itu juga harus mengikuti prinsip Ki Aikido no. 3 dan 4 ?

    BalasHapus